Belajar Bahasa Jepang | PARTIKEL NO (の)

PARTIKEL NO (の)
Belajar Bahasa Jepang kumabbj

Hallo Minna-san, kita ketemu lagi dengan materi baru bahasa jepang di kumabbj kita cintai ini. di kesempatan kali ini, saya ingin membahas tentang sebuah materi yang menyatakan kepemilikan. Hmm.. Saya yakin, pasti saat ini anda memiliki banyak benda yang anda cintai. Dari beberapa benda yang anda miliki tersebut pastilah ada yang paling penting bukan??.. Nah sekarang kita berimajinasi sedikit. Bagaimana misalnya Anda pergi ke jepang membawa benda kesayangan anda, kemudian ada yang mengambilnya? Apa yang akan anda lakukan? Tentu saja mengambilnya kembali dong... Tapi tahukah anda cara berbicara atau ungkapan yang tepat untuk menyatakan kepemilikan tersebut? Oke... Minna-san, kita bahas di materi kita kali ini.

Dalam bahasa jepang, jika kita ingin menyatakan suatu kepemilikan benda, maka menggunakan partikel NO (). Intinya, partikel NO () digunakan untuk menyatakan kepemilikan. Jika Anda ingin mengakui sesuatu sebagai milik Anda, gunakanlah partikel ini. Misalnya pada contoh kalimat :

    わたし の かばん
    Watashi no kaban
    Tas Saya

      わたし の コンピュータ
     Watashi no Konpyūta
     Komputer Saya

Coba perhatikan kalimat diatas!! Jika dalam bahasa Indonesia, kata benda (tas) berada di depan dan si pemilik benda (Saya) berada di belakang, "Tas Saya". Berbeda dengan bahasa jepang, si pemilik benda (watashi/わたし) berada di depan dan kata benda yang diakui (kaban/かばん) berada di belakang dengan syarat harus menambahkan pola NO () diantara Watashi (saya) dan Kaban (tas). Contoh lain :

    あなた の ほん
    Anata no hon
    Buku Anda
   
     あなた の カメラ
     Anata No Kamera
     Kamera Anda

Anata (あなた) adalah Anda, dan Hon (ほん) adalah buku. Agar menjadi pernyataan kepemilikan, pola NO (の) ditambahkan diantara subjek Anata (あなた) dan kata benda Hon (ほん) menjadi "anata no hon (あなた の ほん)

Beberapa contoh kalimat :

    これ は わたし の ほん です
    Kore wa watashi no hon desu
    Ini adalah buku Saya

    それ は あなた の カメラ では ありません
     Sore wa anata no kamera dewa arimasen
     Itu bukan Kamera Kamu

    X : あれ は やがみ さん の ノート です か
    Y : はい, やがみ さん の です
    X:  Are wa yagami-san no nōto desu ka
    Y:  Hai, yagami-san no desu
    X : Apakah itu buku nota milik Pak Yagami?
    Y : Ya, Milik Pak Yagami.

    X : これ は あなた の たばこ です か
    Y : いいえ,ちがいます~ わたし の では ありません
    X:  Kore wa anata no tabako desu ka?
    Y:  IIe, chigaimasu ~ watashi no dewa arimasen
    X : Apakah ini rokok Anda?
    Y : Tidak, tidak benar~ Bukan Milik Saya.

Bagaimana minna-san, tidak terlalu sulit bukan?? Yah, yang penting rajin praktek pasti menjadi mudah dan gampang... Baiklah, mungkin ini materi-materi yang bisa saya bagi dengan anda kali ini.

KOTOBA (言葉)
Berikut adalah beberapa kata yang perlu anda ingat. Mohon hafalkan arti beserta kanjinya ya!!
    Kaban () = Tas
    Hon () = Buku
    Watashi () = Saya
    Tabako (煙草) = Rokok
    Rajio (ラジオ) = Radio
    Kamera (カメラ) = Kamera
    Nooto (ノート) = Nooto
    Sensei (先生) = Guru

Catatan :
Gelar kehormatan san bisa anda lihat disini
Partikel desu  bisa anda lihat disini
Partikel wa bisa anda lihat disini
Partikel desu ka? bisa anda lihat disini
Partikel dewa Arimasen bisa anda lihat disini

4 komentar

Sangan bagus untuk yang ingin belajar bahasa jepang

Reply

nambah pengetahun lagi bahasa jepang :D

Reply

Ini blog cocoknya buat adek saya. dia disekolah ada pelajaran bahasa jepang

Reply

Posting Komentar